Selasa, 13 Januari 2009

Tips Masuk CPNS


Mau bersaing mengikuti test CPNS, siapa takut?


Mungkin banyak diantara rekan-rekan yang masih mencari-cari pekerjaan yang cocok dan bahkan mungkin ada berminat menjadi PNS (atau pekerjaan lainnya), atau mungkin juga ada diantara rekan yang telah mencoba beberapa kali tes masuk CPNS (atau lagi...) tetapi gagal terus?. Dimana letak kekurangan kita dibandingkan dengan orang lain?.

Berdasarkan pengalaman saya, ada 5 point penting yang meski diperhatikan didalam berburu pekerjaan, diantaranya : 1.Optimis, jangan cepat menyerah, 2.Persiapkan segala sesuatunya, 3. Cari peluang dan 4. Belajar dan belajar terus,5. serta yang lebih penting adalah berdoa untuk.

Mari kita ulas point-point tersebut satu persatu :

1. OPTIMIS, JANGAN CEPAT MENYERAH

Jika anda berminat untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan sudah pasti repot dahulu yang didapat. Nah, untuk urusan repot ini kita diharuskan jangan cepat menyerah, karena banyak pengalaman rekan-rekan yang gagal dikarenakan mereka tidak mau repot, maunya serba enak untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Kan rugi waktu, pikiran dan biaya keluar banyak dan ternyata tidak berhasil?, pikir mereka yang pesimis. Bayangkan jika dari awal kita sudah direpotkan dengan mempersiapkan berkas-berkas, fotocopy ini itu, legalisir , menulis lamaran dan lain-lain.

2. PERSIAPKAN SEGALA SESUATUNYA

Untuk mempersiapkan hal-hal tersebut tipsnya kita harus pasang mata dan telinga kita untuk mencari informasi kapan penerimaan lowongan pekerjaan itu dimulai. Usahakan minimal satu bulan sebelum lowogan pekerjaan keluar, kita sudah siap dengan berkas-berkas pendukung agar kita tidak keteteran saat penerimaan nanti dan kita tinggal menyusun berkas serta menulis lamaran saja. Biasanya yang perlu dipersiapkan adalah : a. Fotocopy Ijazah, KTP dan Kartu AK.I ( Kartu pencari kerja dari Depnaker), b. Legalisir ijazah, Kartu AK.I,dll c. Pas Photo ukuran 2X3,3X4 dan 4X6 beberapa banyak. Untuk surat Keterangan dari Kepolisian dan Surat keterangan kesehatan dari Dokter, biasanya akan menyusul jika kita telah dinyatakan lulus seleksi.

3. CARI PELUANG

Untuk mendapatkan peluang yang besar agar dapat lulus, kita dapat mencoba beberapa hal, misalnya mendaftar di dua tempat sekaligus. Jika kita telah mengetahui kemungkinan peluang untuk lolos berdasarkan jumlah saingan yang mendaftar, maka kita ikut test di tempat yang mempunyai peluang lulus paling besar. Peluang lainnya yaitu, kita mencoba mendaftar di tempat yang memiliki kemungkinan pesaing paling sedikit berdasarkan ijazah yang kita miliki.

4. BELAJAR DAN BELAJAR

Untuk menghadapi soal-soal yang di ujikan, kita perlu belajar serius. Nah berdasarkan pengalaman saya, soal yang sering menjadi hambatan untuk keberhasilan dalam tes adalah soal-soal Psikotes, karna dari soal-soal ini dapat dilihat kemampuan atau daya berpikir calon pekerja yang akan diterima. Psikotes adalah soal-soal logika penalaran yang cukup rumit yang dapat diaplikasikan untuk memecahkan persoalan-persoalan rumit didalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran Psikotes ini biasaya tidak ada diajarkan di bangku-bangku sekolah dan kita harus berburu buku psikotes untuk mempelajarinya.
Bahan pelajaran pendukung lainnya yaitu pengetahuan Umum dan Rangkuman Latihan soal-soal masuk Perguruan tinggi atau sejenisnya.

5. BERDOA

Berdoa sangat penting diatas segalanya dimanapun dan kapanpun. Nah jika ingin berhasil didalam melakukan sesuatu, jangan lupa kita mulai dengan doa sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan yang kita miliki. Jangan tidak percaya dengan kekuatan doa, karna segala kehidupan didunia ini ada yang mengatur. Memohon kepada Tuhan untuk mengabulkan apa yang kita cita-citakan.

Kenapa Psikotes?
Seperti diketahui bahwa penyedia soal-soal psikotes yang gratis sangat jarang ditemui di internet. Disini saya mencoba memberikan apa yang dapat saya buat rekan-rekan yang berminat. Saya sengaja memperbanyak ulasan pada soal-soal Psikotes dikarenakan psikotest tidak ada di ajarkan di sekolah-sekolah. Biasanya soal-soal Psikotes berupa : menghitung angka, deret angka, permainan kata, deret gambar, test kepribadian dan lain-lain.

Demikian semoga bermanfat, Salam Sukses berburu pekerjan!.


8 komentar:

Unknown mengatakan...

terima kasih atas penjelasan dan masukannya.
SUKSES ADALAH KITA

Ahmad Husni Tamrin mengatakan...

sukses itu pilihan

Matthiday mengatakan...

Bismillah. :)

Unknown mengatakan...

(Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

pak sulistio mengatakan...

(Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Tarakan)

Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Tarakan Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0853-2160-8878

Unknown mengatakan...

Ijin nyimak gan

Unknown mengatakan...

Makasih infonya gan,

SAYA JUGA MAU BAGI KABAR GEMBIRA....
ANDA MAU BISNIS YANG BENAR2 DAHSYAT, TIDAK PERLU CARI MEMBER/ DOWNLINE CUMAN SEBAR FORMULIR PENGUNJUNG,
DAN UNTUK SETIAP 1 FORMULIR YANG TERISI ANDA AKAN DI BAYAR 5.000 RUPIAH,
SEKARANG INI SAYA SEHARI SUDAH BISA NGUMPULIN 100 SAMPAI 150 PENGUNJUNG COBA HITUNG,

100% HALAL DAN BUKAN SCAM.INFO LEBIH LANJUT,
abimanyubaladewa212@gmail.com

SILAHKAN

BUKA DISINI
atau
KLIK DISINI
atau
PENCET DISINI

PAK SOLIHIN DI MEDANG mengatakan...

bayu anggara Lolos PNS Guru di lingkungan JAYA PURA) Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honor di sekolah dasar sumatra, Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 45 jt namun hasilnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk DARMAWAN Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada : 1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon. 2. Terimakasih untuk khususnya Bpk.Drs.DARMAWAN SH.M.SI beliau selaku Kepala tim pengadaan CPNS BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi bpk Drs DARMAWAN Tlp; 085-259-457-111 Siapa tau beliau akan membantu anda??,,,..

Posting Komentar