Senin, 12 Januari 2009

Kasus Soal-soal Hitungan

TIPS PSIKOTES: CARA MENJAWAB SOAL HITUNGAN


1.Bila roda pertama berputar 9 kali, maka roda kedua berputar 24 kali. Bila roda pertama berputar 27 kali, maka berapa kalikah roda kedua berputar?

Jawab :72 Kali

Roda I Roda II
9 Kali 24 Kali
27 Kali ? Kali

Makin banyak putaran roda I, maka semakin banyak pula putaran Roda II dan pertambahan antara kedua roda tersebut tetap. Maka : Roda I = 9 x 3 (kali putaran ) = 27, Roda II = 24 x 3 (kali putaran ) = 72 kali putaran

2.Sebuah truk yang dimuati satu seperempat (1 ¼) ton, masih dapat dimuati lagi dengan 600 pond. Berapa tonkah muatan seluruhnya?. (1 ton = 2000 pond).

Jawab: 1,55 ton.
1 ton = 2000 pond, jadi satu seperempat (1 ¼) ton = 2500 pond, masih dapat dimuati lagi dengan 600 pond. Jadi total muatan seluruhnya 2500 + 600 = 3100 pond, jika dijadikan satuan ton menjadi 1,55 ton.

3.Penjual mengantar 9 mangkuk soup ke sebuah toko. Dia hanya mampu membawa 2 mangkuk soup. Berapakalikah penjual harus pergi untuk mengantar 9 mangkuk soup tersebut?.

Jawab : 5 kali perjalanan.
Dalam empat kali perjalanan, penjual baru mengantar 8 mangkuk soup. Berarti sisa satu mangkuk harus diangkut sekali perjalanan lagi. Dengan demikian perjalanan seluruhnya ada 5 kali.

4.Suatu lembaran seng lebarnya 4 2/3 kaki (empat dua pertiga kaki). 1 kaki = 30 cm, dipotong-potong menjadi beberapa bagian yang masing-masing lebarnya 4 inci. (1 inci = 2 ½ cm). berapa potong (bagian) yang diperoleh dari lembaran seng tersebut?.

Jawab : ( 14 Potong)(1 kaki = 30 cm) jadi 4 2/3 kaki jika dijadikan cm, =140 cm. Dipotong-potong menjadi beberapa bagian yang masing-masing lebarnya 4 inci. (1 inci = 2,5 cm). Berarti 4 inci dijadikan cm ? 2,5 x 4 = 10 cm.
Jadi 140 : 10 = 14 potong.

5.Nilai Peter termasuk urutan ke – 16 dari atas dan juga urutan ke – 16 dari bawah dalam kelasnya. Berapa banyakkah siswa dalam kelas tersebut?.

Jawab : 31 orang.
yang lebih besar dari nilai Pieter sebanyak 15, Yang lebih kecil dari nilai Pieter sebanyak 15 dan Pieter sendiri 1, Total 31


2 komentar:

Unknown mengatakan...

assalamu alaikum kami mau berbagi pengalaman kepada seluruh anggota honorer yang sudah mengabdi beberapa tahun di instansi pemerintahan yang belum masuk k1 maupun k2 karna di mana saya sudah masuk K1 Berkat bantuan bapak TAUCHID DJATMIKO di BKN PUSAT Jadi buat teman honorer yang ingin seperti saya silahkan di hubungi beliau jangan sampai dia bisa membantu di nomor telp.0812-9343—4567 atas nama TAUCHID DJATMIKO SH.M.SI

Unknown mengatakan...

(SRI AGUSTINA SHOFIAN; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Blitar)

Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Blitar dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Blitar dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

4. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I.0813-2612-2555

Posting Komentar